Senin, 12 Desember 2011

MICROSOFT WINDOWS

v Sejarah Microsoft windows

Setelah sukses dengan MS-DOS pada tahun 1991, Microsoft memperkenalkan MS Windows pada tahun 1985. System operasi yang telah menyediakan lingkungan berbasis grafis (GUI) dan kemampuan multitasking. Pada tahun 1990 Microsoft memfokuskan pada perkembangan windows yang ditandai dengan peluncuran windows versi 3.0 dan mendapat sambutan sangat baik. Pada versi ini Microsoft membundel MS.Office (word, excel, power point) untuk menyingkirkan saingannya seperti lotus 123, wordstar, word perfect dan quattro.

Pada tahun 1992 Microsoft meluncurkan versi 3.1 dan 3.11. Pada tahun 1994 untuk worksgroup. Satu tahun kemudian tepatnya pada tahun 1995, Microsoft meluncurkan windows 95. Pada tahun ini juga diperkenalkan versi pertama windows CE ke public. Tahun 1996 windows NT versi 4.0 diluncurkan dan pada tahun 1998 Microsoft meluncurkan versi terbarunya yaitu windows 98 yang didalamnya terdapat Web Browser Internet Explorer yang menjadi keunggulan dari windows 98.

Tahun 2000 merupakan era baru dunia teknologi computer karena pada era ini perkembangan dunia computer mengalami kemajuan yang sangat pesat. Windows mengeluarkan versi windows 2000. Kemudian pada tahun 2001 microsoft memperkenalkan windows XP. Selang beberapa lama, tepatnya pada tahun 2003 microsoft memperkenalkan windows server 2003. Tapi untuk saat ini windows XP masih menjadi favorit pemakai computer walaupun pada 2007 microsoft mengelurkan windows vista yang dilengkapi vitur 3D, serta versi terbaru Microsoft yaitu windows7.

v Contoh beberapa perintah pada Windows

DEL : Berfungsi untuk menghapus sesuatu atau beberapa file sekaligus. DEL singkatan dari DELETE. Rumus DEL adalah (drive:) (path) (nama file).

CLS : Berfungsi untuk membersihkan tampilan pada layar computer.

COPY : Berfungsi untuk membuat salinan suatu file atau beberapa file sekaligus. Rumus copy (drive sumber)(nama file)

COPY CON : Berfungsi untuk menampilkan data/pesan berupa karakter text. Rumus copy con adalah copy con(nama file.txt)(enter)

BOLD : Berfungsi unuk menebalkan suatu huruf atau kalimat.

SAVE : Berfungsi untuk menyimpan file atau data pada computer.

FONT SIZE : untuk mengatur ukuran huruf.

FONT : Befungsi untuk mengatur jenis huruf.

CUT : berfungsi untuk memindahkan file atau folder.

v Beberapa spesifikasi computer untuk OS Windows

Spesifiasi Windows XP : -Processor 233 MHz

-RAM 64 MB

- VGA 24 MB

- 3 GB free hardisk space

Spesifikasi Windows Vista : - Processor 800 MHz

-RAM 512 MB

- VGA 64 MB

- 15 GB free hardisk space

Spesifikasi Windows7 : - Processor 1 GHz

-RAM 1 GHz

- VGA 128 MB, Direct 9.0 support

- 16 GB free hardisk space

SISTEM OPERASI LINUX

v Sejarah Linux

Linux adalah system operasi yang pengembangan perangkat lunaknya bersifat bebas terbuka dan sumber utamanya terbuka ( Open Source). UNIX adalah salah satu system operasi yang mengawali lahirnya Linux. Pada tahun 1991 di Finlandia seorang mahasiswa ilmu computer bernama Linus Tovald berhasil mengembangkan system berbasis UNIX dari system operasi MINIX yang diberinama LINUX. Pada bulan Agustus 1991, lahirlah Linux 0.01 hasil pengembangan Linus Tovald. Dan pada tanggal 5 Oktober 1991 secara resmi Linus Tovald mempublikasikan Linux 0.02 yang pada saat itu hanya dapat menjalankan BASH dan GCC Complierr.

Hingga saat ini Linux telah berkembang pesat karena OS-nya yang free. Linux juga sebagai satu-satunya OS yang berbasis open source yang dapat dimodifikasi oleh siapapun yang ingin mengembangkan Linux. Hingga lahirlah beberapa OS berbasis Linux seperti Fedora Core, Ubuntu, Mandrake, dll. Linux bias didapatkan dalam berbagai distributor (Distro). Distro adalah bundle dari kernel Linux, beserta system dasar Linux, program instalasi, tool basic, dan program-program lain yang bermanfaat seauai tujuan yang dibuat distro.

Didalam Linux juga terdapat aplikasi yang dapat digunakan untuk keperluan kantor seperti untuk spreadsheet, word processor, database, dan program editor grafis yang memiliki fungsi dan tampilan seperti Ms office, yaitu Star Office.

v Contoh beberapa perintah pada Linux

- Cpy : Untuk menyalin suatu atau beberapa file.

- Chgrp : Untuk mengganti suatu file atau direktori.

- Cal : Untuk menampilkan kalender.

- Chown : Untuk mengganti kepemilikna suatu file atau direktori.

- Alias : Untuk memberi alias dan menampilkan alias yang sudah di set sebelumnya

- Chmod : Untuk mengganti perjanjian pada file atau direktori.

- Cd : untuk berpindah atau berganti direktori.

- Clear : Untuk membersihkan tampilan pada layar monitor.

v Spesifikasi PC yang sesuai untuk Linux desktop

v Pentium III 400 MHz - 1 GHz, RAM 128 MB, VGA share, distro yang dapat digunakan Zencafe 1.2D Zenwalk Elive 1.0 stable

v Pentium III 400 MHz - 1 GHz, RAM 256 MB, VGA share, distro yang dapat digunakan Zencafe 1.2D, Ubuntu 7.04 atau dibawahnya.

v Pentium IV, RAM 512 MB, distro yang dapat digunakan Ubuntu 7.04 open source 10.02/10.03, Ubuntu 7.10, linuxmint Cassandra/Celena/Daryna.

MS-DOS

v Sejarah MS-DOS

MS-DOS (Disk Operating System) ddibuat oleh sebuah perusahaan pembuat computer yang bernama Seattle Computer Product (SPC) yang dipimpin oleh Tim Patterson yang kemudian direkrut oleh Microsoft untuk mengembangkan DOS-nya pada tahun 1980 sebagai perangkat lunak system operasi dengan nama Q-DOS (Qiuck Dirty Operating System) yang slanjutnya diganti namanya menjadi 86-DOS karena Q-DOS didesain agar dapat berjalan pada computer dengan processor intel 8086. Microsoftpun membeli lisensinya dari SCP lalu mengubah namanya menjadi MS-DOS. Keudian pada saat IBM hendak meluncurkan computer pribadi yang disebut dengan IBM PC, Microsoftpun menjual lisensin MS-DOS kepada IBM.

IBM dan Microsoft selanjutnya merilis versi-versi MS-DOS dimana versi IBM yang langsung dibundel dengan computer IBM PC. Pada awalnya IBM hanya menggunakan apa yang layak digunakan pada MS-DOS yang dirilis Microsoft karena itulah versi IBM dirilis lebih lambat dibandingkan versi MS-DOS. Tapi MS-DOS versi 4.0 adalah versi MS-DOS pertama yang benar-benar sama dengan IBM PC-DOS.

Berikut adalah beberapa macam versi MS-DOS:

1. MS-DOS versi 1xx, adalah versi awal dimana pertama kali MS-DOS diluncurkan oleh Microsoft.

2. MS-DOS versi 2xx, dirilis pada tahun 1983 dimana IBM meluncurkan IBM PC XT (Extented Technologi).

3. MS-DOS versi 3xx, dikeluarkan pada saat IBM meluncurkan IBM PC AT (Advanced Technology) pada musim panas 1984.

4. MS-DOS versi 4xx, pada tahun 1988, system informasi dengan tampilan grafis mulai bermunculan. Pada DOS versi 4xx ini Microsoft membuat sebuah program shell dengan nama DOS shell, yang memiliki tampilan DOS excekutive milik windows versi 1.0.

5. MS-DOS versi 5xx, IBM memeang gagal memperpanjang umur IBM PC, akan tetapi Microsoft terus mengembangkan DOS dengan meluncurkan MS-DOS versi 5.0. yang dirilis pada tahun 1991 dan memiliki fitur jauh lebih baik dari versi MS-DOS sebelumnya.

6. MS-DOS versi 6xx, dirilis pada tahun 1993. Versi ini memiliki beberapa utilitas tambahan seperti halnya antivirus(MSAV.EX), virus protection(VSAFE.COM), dll.

7. MS-DOS versi 7xx, dirilis beberapa tahun sebelum Microsoft meluncurkan windows 95, sebuah versi windows yang benar-benar independen dengan MS-DOS.

v Berikut beberapa perintah pada MS-DOS

- CD__ / CHDR : mengganti direktori aktif ke direktori lainnya yang ditentukan dalam parameter.

- DIR : digunakan untuk melihat isi direktori yang direkam di hardisk ke layar.

- BOOTCFG : digunakan untuk mengedit booting windows.

- CHCP : menampilkan atau mengubah nomor aktif kode page.

- CLS : untuk membersihkan layarjendela command prompt.

- CMD : menjalankan interpreter perintah windows yang baru.

- ENDLOCAL : mengakhiri lokalisasi dan perubahan environment pada sebuah bath file.

- ECHO : menampilkan pesan atau mengubah command echoing on/of.

- MOVE : memindahkan suatu atau beberapa file dari satu direktori ke direktori lain.

- PUSHD : menyimpan direktori sekarang kemudian mengubahnya.

- TYPE : menampilkan isi sebuah dari sebuah file.

- VOL : menampilkan nomor serial dan volume label dari sebuah hardisk/disket.

v Spesifikasi PC untuk system operasi MS-DOS

Microcomputer adalah salah satu contoh computer yang menggunakan system operasi DOS. Computer ini menggunakan microprocessor sebagai CPU utamanya. Dikenal sebagai PC, Home Computer, small, dan busuness. Kecepan 4.47 MHz, ROM 40,963 bytes(40 kb), RAM 16,384 bytes(16 kb).

DAFTAR PUSTAKA
www.google.com

http://id.wikipedia.org/wiki/Perintah_DOS

http://id.wikipedia.org/wiki/MS-DOS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar